Saturday, December 17, 2011

Hati hati !!! Malware meningkat terhadap pengguna smartphone dan Personal Computer

Tahun 2011 penjualan terhadap smartphone berupa Blackberry, iPhone, Android di Indonesia memang sangat fantatis. Penjualan Blackberry di Indonesia tercacat memiliki rekor penjualan terbanyak di seluruh dunia. Sehingga para vendor teknologi informasi di duniia tidak segan - segan untuk melakukan investasi dan penjualan di Indonesia.

Menurut Gartner, perusahan riset di bidang TI, penjualan smartphone akan melibihi 461 juta pada akhir tahun. Jumlah tersebut diprediksi melebihi pengiriman PC. Bahkan penjualan smartphoen dan tablet jika digabungkan angkanya 44% lebih besar dibanding pasar PC pada 2011.

Ledakan jumlah pengguna ini menarik perhatian penjahat dunia maya. Dan hasilnya terdapat pertumbuhan signifikan dari jumlah malware ponsel. Mulai dari malware yang hanya ingin mempermalukan penggunanya, malware yang sudah bersifat kriminal, yakni memanipulasi tagihan tarif premium, hingga malware yang mencuri informasi.

Malware menurut wikpedia adalah  perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Banyak perangkat lunak awal yang berjangkit (termasuk cacing Internet pertama dan sejumlah virus MS-DOS) ditulis sebagai percobaan atau lelucon nakal (prank) yang biasanya tidak ada maksud berbahaya atau hanya menjengkelkan dan tidak menyebabkan kerusakan parah bagi komputer. Di beberapa kasus, pencipta perangkat lunak tersebut tidak menyadari seberapa dalamnya kerugian yang didapatkan pengguna oleh karena ciptaan mereka. Para pemrogram muda yang belajar mengenai virus dan teknik yang digunakan untuk menulisnya, semata-mata belajar untuk membuktikan kemampuan atau untuk melihat seberapa jauhnya perangkat lunak tersebut dapat menyebar. Hingga akhir tahun 1999, virus yang tersebar luas seperti virus Melissa tampaknya ditulis hanya sebagai lelucon nakal.

Ada beberapa ciri yang memengaruhi keringkihan terhadap perangkat perusak:
  • Keseragaman (Homogeneity) – Misalnya, ketika semua komputer dalam jejaring berjalan dengan sistem operasi yang sama, komputer yang menggunakan sistem operasi tersebut dapat dibobol.
  • Kecacatan – perangkat perusak mendayagunakan kecacatan dalam reka bentuk sistem operasi (OS design).
  • Kode yang tidak disahkan (Unconfirmed code) – kode dari cakram liuk, CD-ROM, atau peranti USB (USB device) mungkin dapat dilaksanakan tanpa persetujuan pengguna.
  • Pengguna lewah keistimewaan (Over-privileged users) – beberapa sistem memperbolehkan pengguna untuk mengubahsuai susunan rangkaian dalaman (internal structures).
  • Kode lewah keistimewaan (Over-privileged code) – beberapa sistem memperbolehkan kode yang dilaksanakan oleh pengguna, untuk dapat membuka segala hak pengguna tersebut.

"Kecenderungannya data-data yang dicuri kemudian dijual di komunitas bawah tanah," ujar Raymond Goh, Director System Engineering Asia South Region Symantec, kemarin (15/12/2011) di Grand Indonesia, Jakarta.

PENYEBAB MALWARE :
Salah satu proses masuknya malware/badware ke dalam website anda bisa di sebabkan oleh adanya virus di komputer anda, disaat melakukan update website (upload file php atau html ) baik itu melalui FTP atau Browser maka virus akan meng-injeksikan beberapa script malware/badware ke dalam halaman website tanpa anda sadari sebelumnya, sehingga ketika google melakukan scaning dan menemukan script malware/badware ada di website anda maka google akan langsung memberikan Label Badware/Malware dalam SERP mereka.

CARA PENANGGULANGANNYA :
Untuk mengatasi/menghilangkan Label Badware/Malware dalam SERP Google, maka anda perlu melakukan beberapa hal, di antaranya:
  1. Melakukan pembersihan script malware/badware pada script website anda
  2. Meminta review pada pihak stopbadware.org
  3. Meminta review pihak Google
Khusus untuk poin yang ke 3. yaitu Meminta review pihak Google, caranya adalah
  • Anda harus memiliki account di google, bisa berupa account email di gmail.com.
  • Masuk ke http://google.com/webmasters/tools
  • Daftarkan website anda di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi/verify. Anda harus membuat file html dari notepad, isinya cukup kosong saja, dan di save as semisal : googlefc91be7d5e697d70.html verifikasi tersebut masing-masing akan anda dapatkan setelah anda mendaftarkan website anda. File .html tersebut kemudian anda upload ke dalam directory website anda ( mis : public_html ) :
  • Setelah diupload kemudian ter verify silahkan masuk menu Overview dan klik link Review site
Dalam waktu 2 x 24 Jam, pihak stopbadware.org akan mereview website anda dan jika website anda memang sudah bersih dari malware/badware maka mereka akan menghubungi google, setelah itu Google akan melakukan review secara langsung. Setelah mereka menyatakan website anda benar-benar bersih maka Label Badware/Malware dalam SERP Google akan segera di hilangkan, lama proses penghapusan Label ini membutuhkan waktu 2×24 jam.

PENCEGAHAN :
Banyak para pemakai komputer telah menjadi korban virus, worm, trojan atau malware lain. Jika komputer Anda belum terinfeksi malware, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Tidak mengupload lagi file-file website yang telah terinfeksi malware
File-file yang telah terinfeksi malware, dan anda tidak melakukan permbersihan script, sebaiknya tidak di upload ulang, karena hal tersebut masih akan terdeksi virus dan website anda di blokir oleh google lagi.

Gunakan dan selalu update antivirus
Dengan adanya antivirus yang terupdate, malware baru dapat dikenali.
Semakin tahun berganti, Trojan dan variannya semakin berkembang dan semakin intens dalam penyebarannya. Karena itu sebaiknya Lengkapi PC/Laptop anda dengan update info-info terkini. Tidak perlu tahu terlalu mendetail, cukup mengenal secara general dan mengerti trend penyebaran.


Ubah password.
Malware mungkin sudah mengetahui password anda. Sebaiknya password diubah secara berkala. Password tersebut meliputi password akun windows, password e-mail, FTP, administrator website, Cpanel dan lain-lain.


Update peranti-peranti lunak.
Update peranti lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditutupi. Pada saat ini kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.

Install dan aktifkan firewall.
Firewall bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer Anda. Saat ini juga sudah banyaksistem operasi yang telah mengikutsertakan firewall. Aktifkan saja.

Melakukan Filter atas Informasi dan Data yang di terima
Dunia Internet yang amat luas memungkinkan informasi mengalir demikian cepat. Melompati batas – batas negara dan perundangan. Tapi, tidak semua informasi dan data dapat di percaya, gunakan selalu akal sehat, rasio dan pemikiran yang matang ketika melakukan justifikasi. Kumpulkan data sebanyak mungkin lalu bandingkan seobjektif mungkin. Matangkan dan netralkan kedewasaan berpikir.


Gunakan antispyware.
Spyware merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan perjalanan/penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.


Backup file.
Backup file ke media lain seperti CD, DVD atau hard disk eksternal sehingga data tak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.


Pertama diindonesia, Bisnis online yang terbukti membayar, kerja 1-2 jam perhari, gaji jutaan rupiah. KLIK DISINI 


Binis online yang berbeda dari bisnis online yang lain. Pertama di Indonesia dan terbukti membayar. KLIK DISINI



sumber : yahoo.com, ghiboo.com, wikipedia.org, m-alwi.com

No comments:

Post a Comment