Saturday, December 10, 2011

Iklan Subliminal

Subliminal ada 2 yaitu
1.      Teori pengaruh inkremental. Yaitu iklan yang dimuat berulang – ulang dan bahkan menjengkelkan.
2.      Teori gerakan psikodinamis rangsangan. Yaitu yang dikaitkan dengan seks atau yang lucu

Berikut ini adalah contoh iklan Pengaruh inkremental

      Tory Cheese Craker
      Iklan ini di buat oleh perusahaan produk konsumen untuk makanan ringan. Karena bersifat sekali pakai, maka perusahaan membuat iklan yang mungkin terkesan aneh tetapi di muat dalam televisi secara berulang – ulang untuk mendapat perhtian dari konsumen. Seperti yang dicontohkan oleh Tory Cheese Craker dengan iklannya seorang perempuan menari dengan dua orang laki – laki bertubuh besar. Mulai awal iklan tarian yang ditampilkan begitu saja tidak ada gerakan lain. Hal ini sama dengan iklan yang ada di negara Jepang dengan gerakan seperti itu dan perusahaan yang memproduksi juga sama untuk produk makanan ringan konsumen
     
      Permen Mintz
Selalu ada cara untuk mendapatkan perhatian konsumen melalui iklan yang dibuat. Melalui iklan juga dapat membuat suatu kebudayaan sementara yang dapat berpengaruh bagi si pembuat iklan. Sebut saja iklan dari permen Mintz, iklan ini sangat sederhana dan selalu diputar di iklan televisi untuk mendapat minat konsumen. Karena datar iklan ini kemudian ditiru oleh beberapa konsumen karena ingin merasakan bagaimana menggigit pensil. 


      Jamu Tolak Angin
Perusahaan yang besar tentunya harus ada pengaruhnya bagi negara dimana perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang. Jamu Tolak Angin membuat iklan dengan tema “Trully Indonesia”. Dengan bintang iklan Butet Kertaradjasa dan Agbes monica, Tplaok angin mempromosikan kebudayaan asli Indonesia agar seluru penduduk domestik dan luar domestik tahu jika semua yang ada di dalam tersebut adalah hasil karya bangsa Indonesia. Hasil karya bangsa Indonesia dari iklan tersebut adalah Reog ponorogo Tari pendet, Angklung, Batik tulis, Kuda lumping, Hombo batu, Tari folaya, Jamu sebagai promosi utama dari iklan tersebut




Berikut ini adalah conto dari iklan gerakan psikodinamis

      M150 + Susu
Dalam dunia pemasaran haruslah berpikir kreatif untuk mempertahankan pangsa pasar salah satunya adalah tetap beriklan walaupun iklan tersebut lucu. Seperti yang dicontohkan oleh M150 + Susu dengan konten seorang yang masuk kedalam rumah dan bertemu dengan si tuan rumah bertubuh kekar dan memilki dada yang montok. Oarng tersebut heran dan karena pendek, orang tersebut hanya melihat sebatas dada si pemilik rumah. Orang tersebut berkata “Susu kok bisa kayak gini”.

      Djarum Black “Full of Imagination”
Selain lucu para marketer berpikir agar produknya tetap berada pada posisi puncak penjualan. Begitu juga dengan iklan, ketika produk mengalami puncak penjualan maka iklan juga bisa disuguhkan sampai dengan puncak rangsangan lawan jenis. Seperti yang dicontohkan Djarum Black dengan tema “Beach”, ada seorang wanita keluar dari selam menuju kedarat untuk mandi. Sang wanita hanya di tutupi oleh lembaran sensor hitam yang biasanya ada di televisi dan juga disaksikan oleh seorang laki – laki. Laki – laki ini sepertinya terangsang dengan keberadaan wanita tersebut. Ketika dilihat sedang mandi, sensor tersebut jatuh kebawah dan ternyata wanita tersbu masih mengenakan pakaian lain. Pesan yang ada di dalam iklan ini secara tidak langsung adalah gunakan imajinasi kamu untuk melihat apa tidak bisa dilihat.



      Gudang Garam Merah
Sangat aneh apabila kita sudah persiapkan dengan sungguh – sungguh ternyata pada pelaksaannya lebih mudah dari yang dibayangkan. Iklan Gudang Garam Merah ini menggambarkan ada seorang yang mau diinterview oleh seorang bule pada perusahaan. Ketika masuk orang yang akan di interview kelepasan bicara dalah bahasa jawa. Pada saat itu juga keakrabanpun terjadi dan berjalan mulus. Iklan ini lucu karena jalan untuk meraih mimpi dilalui begitu mudah dengan diinterview bule yang sama satu kampung dengan orang tersebut.


No comments:

Post a Comment