Friday, December 16, 2011

Perilaku konsumen Hindari Resiko

Resiko yag dipersepsikan konsumen yang negaif secara keseluruhan atas sejumlah tindakan yang didasarkan pada penilaian hasil yang negatif dan kemungkinan bahwa hasil tersebut akan terjadi.
Jenis – jenis resiko adalah
1.      Keuangan
2.      Kinerja
3.      Fisik
4.      Psikologi
5.      Sosial
6.      Waktu
7.      Hilangnya peluang
Berikut ini adalah contoh produk yang dengan membeli tidak ingin ada resikonya bagi penulis. Produknya adalah sebagai berikut :

1.      Telkomsel modem
TELKOMSELFlash adalah layanan internet tanpa kabel (wireless) yang disediakan oleh TELKOMSEL untuk seluruh pelanggannya (kartuHALO, simPATI dan Kartu As). Layanan ini didukung dengan teknologi HSDPA/3G/EDGE/GPRS TELKOMSEL yang dapat menghasilkan kecepatan download sampai dengan 7.2 Mbps.
a.       Karakteristik pribadi
Pribadi konsumen memiliki mobilitas yang tinggi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan yang terbaru. Untuk mendapatkan informasi tersebut konsumen menggunakan fasilitas internet. Dengan menggunakan modem maka tujuan tersebut dapat terpenuhi.
b.      Faktor situsional
Konsumen dapat menggunakan modem ini didukung oleh operator broadband dalam hal ini yaitu TELKOMSEL sebagai provider utama. TELKOMSEL merupakan provider telekomunikasi salah satu yang terbaik di Indonesia dan dapat digunakan dimana saja karena jaringannya sangat luas. Hal ini mengakibatkan konsumen sangat mudah untuk menggunakan produk ini dengan dukungan providernya dimanapun dan kapanpun.
c.       Karakteristik produk
TELKOMSELFlash menawarkan suatu pengalaman baru dalam melakukan koneksi jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan lokasi akses yang dapat dilakukan dimana saja dalam jaringan HSDPA/3G/EDGE/GPRS TELKOMSEL.
d.      Biaya, pandangan sosial, bahaya fisik produk
Biaya mudah dikontrol. Dengan pilihan paket Unlimited, anda dapat menggunakan internet sepuasnya tanpa khawatir dengan batasan waktu dan kelebihan biaya akses.  Bagi anda pengguna kartu prabayar (simPATI atau Kartu As), anda bisa lebih mudah mengontrol penggunaan internet dan pengeluaran anda dengan memilih paket berbasis waktu (Time Based). Pandangan sosial dari produk ini sangat luas karena prosuk ini dipasarkan dengan sangat baik. Belum ada bahaya fisik produk yang ditemukan
2.      Kamera Nikon
                 

a.       Karakteristik pribadi
Karakteristik dari konsumen pribadi sendiri adalah seseorang yang menyukai akan keindahan alam. Sehingga kamera ini dapat berguna untuk mengambil gambar sesuai dengan keinginan konsumen. Alat ini juga dapat membagi keceriaan dan menimbulkan rasa empati terhadap orang lain yang melihat hasil foto.
b.      Faktor situsional
Pada saat – saat tertentu alat ini berguna pada setiap – setiap kejadian yang langka. Contohnya apabila ada kejadian alam yang langka maka alat ini dapat bekerja untuk mengambil gambar. Dapat juga dijadikan alat bisnis yaitu sebagai publikasi produk yang kita jual apabila kita seorang wirausaha
c.       Karakteristik produk
Menyoroti teknologi Nikon dari berbagai perspektif, seperti penelitian dan pengembangan, orang-orang yang terlibat dalam R & D kegiatan, unsur teknologi yang merupakan dasar produk inti Nikon seperti kamera, mikroskop dan IC steppers / scanner, dan teknologi produk yang membantu untuk membuat hidup kita lebih nyaman dan nyaman. Unik dan unggul Nikon teknologi yang digunakan dalam berbagai macam peralatan dan teknologi menawarkan kinerja yang lebih besar dan fungsionalitas.
d.      Biaya, pandangan sosial, bahaya fisik produk
Biaya untuk mendapatkan produk ini cukup mahal. Tetapi hasil hasil yang diterima sangatlah pantas. Pandangan sosial dari produk ini adalah dilihat dari gaya hidup sekarang yang banyak digunakan untuk bersosialisasi. Belum ada bahaya fisik produk yang ditemukan


Kesempatan dapat uang terbaik yang ada di seluruh internet saat ini. ODAP Terbukti membayar dan bukan penipuan. http://www.penasaran.net/?ref=9h8f8u


3.      Toshiba LED TV

a.       Karakteristik pribadi
Karakteristik pribadi adalah menginginkan sesuatu yang modern. Dengan keadaan yang santai konsumen pribadi menginginkan suasana modern menemani dengan hadirnya TV Modern LED dengan bentuk yang slim dan praktis.
b.      Faktor situsional
Suasana yang nyaman sangat indah apabila santai ditemani oleh keluarga dengan suguhan film yanng menyenangkan akan mendapat moment yang tak terlupakan.
c.       Karakteristik produk
Televisi modern kaya fitur seperti design yang baru tanpa adanya batasan visual, gambar 3D dan konektivitasnya yang sangat banyak (Wi-Fi, HDMI, USB, Home Theater, Plug- in PC dan lain – lain)
d.      Biaya, pandangan sosial, bahaya fisik produk
Biaya yang ditawarkan cukup tinggi. Pandangan sosila yang diberikan sangat memberikan kesan modern untuk sebuah televisi. Bahaya fisik produk belum ditemukan
4.      Baju Batik

a.       Karakteristik pribadi
Seseorang yang berkarisma, berwibawa dan mempunyai harga diri yang tinggi akan senang apabila mengenakan baju batik ini. Bagi adat jawa ini adalah baju daerah yang sejak dahulu dan turun temurun diwariskan dari nenek buyut mereka.
b.      Faktor situsional
Baju ini dapat dikenakan pada saat bekerja di kantor umumnya pada hari Jumát dan paling banyak dikenakan pada saat acara pernikahan untuk usia yang sudah tebilang matang ataupun bagi yang sudah biasa mengenakannya. Baju batik merupakan baju adat yang sudah dipublikasikan ke seluruh dunia dan di klaim asli milik Indonesia
c.       Karakteristik produk
Karakteristik dari produk sendiri adalah menampilkan bagi pemilik baju batik memiliki karisma, wibawa dan harga diri.
d.      Biaya, pandangan sosial, bahaya fisik produk
Biaya yang yang ditawarkan sangat beragam tergantung dari segi kerumitan, keotentikan dan kelangkaan motif yang digunakan. Pandangan sosial bagi pengguna baju batik ini merupakan sosok yang di segani bagi orang yang melihat. Bahaya fisik dari produk ini belum diketahui

5.      New Honda Mega Pro


a.       Karakteristik pribadi
Pribadi konsumen memiliki semangat muda dan berenergi tentu menginginkan motor yang satu ini. Designnya yang sangat modern dan macho akan membuat yang memakai serasa paling gagah.
b.      Faktor situsional
Motor ini sangat nyaman digunakan apabila berada di luar kota. Dengan kecepatan tinggi kemudi motor ini tidak goyang, tentu berbeda dengan motor bebek atau motor matik. Dengan bahan bakar yang irit dari producer Honda akan menjadi nilai tambah motor ini
c.       Karakteristik produk
Motor dengan design modern cocok untuk orang yang berjiwa muda dan energik mampu untuk menaklukan tantangan jalan raya. Dari producer motor terkenal dan meguasai pangsa pasar motor di Indonesia akan menjadi karakter yang kuat.
d.      Biaya, pandangan sosial, bahaya fisik produk
Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan motor ini cukup mahal. Hal ini karena teknologi dan design yang terus berkembang akan menjadi daya saing utama merk lain. Pandangan sosial akan bertambah karena motor ini mempunyai anggota komunitas sendiri dan berani unjuk ketangkasan di hadapan komunitas. Bahaya fisik produk adalah dalam menjalankan kendaraan harap memperhatikan rambu – rambu yang ada agar tidak terjadi kecelakaan.

No comments:

Post a Comment