Thursday, June 21, 2012

Cara Membuat Tawaran Menjadi Lebih Kuat


Ada sejumlah teknik yang telah teruji untuk membuat tawaran menjadi lebih menarik dan meningkatkan tingkat tanggapan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Premi
Premi adalah bonus gratis yang diperoleh pelanggan karena telah memesan produk. Premi dapat berupa informasi (laporan khusus atau buklet), jumlah produk yang lebih banyak (beli 100 sekarang dan dapatkan 20 buah gratis), pemberian produk (beli pemurni air dan dapatkan tiga isian filter gratis), atau pemberian yang tidak terkait dengan produk yang dibeli (kalkulator saku gratis, handphone, radio, kamera digital)


2. Diskon
Pembeli dengan direct respone suka mendapatkan diskon, dan naskah iklannya sering menyebutkan bahwa produk itu lebih murah karena dijual melalui direct marketing ("beli dengan harga pabrik dan berhematlah!", "tanpa perantara"). Gabungkan diskon kedalam harga yang Anda tentukan. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan harga $249 untuk program perangkat lunak Anda, tentukan harga #349. Kemudian iklankan "Belilah sekarang dan berhematlah $100."

3. Penglaris
Penglaris atau "Loss Leader" adalah barang yang pada awalnya dijual dengan diskon yang sangat besar dan direncanakan untuk dinaikkan di kemudian hari. "Loss Leader" berfungsi baik untuk pengiriman pos berkelanjutan dimana Anda menjual serangkaian video, buku atau produk lainnya. Misalnya, Easton Press menjual serangkaian buku klasik bersampul kulit dengan harga masing - masing buku $45. Perusahaan itu menawarkan buku pertama dalam seri itu, Moby Dick, dengan harga penglaris $5,95. Dengan menjual moby Dick dengan harga $5,95 itu perusahaan tidak mendapat untung, tetapi tawaran itu menarik orang untuk membeli seri buku klasik tersebut dengan harga penuh.

4. Undian
Meski baru- baru ini ada berita tentang sangkaan praktik penipuan undian, undian telah menjadi alat untuk meningkatkan penjualan yang telah teruji. Undian telah diketahui meningkatkan tingkat tanggapan sebesar 50% atau lebih. Tetapi seperti hal - hal lainnya di dalam direct marketing, Anda harus mencobanya dahulu. Undian mungkin cocok atau tidak cocok dengan tawaran dan penerima Anda.


5. Dukungan dan layanan ekstra
Beberapa pemasar menawarkan dukungan dan layanan ekstra sebagai insentif. IBM, misalnya, menjalankan promosi bagi komputer servernya dimana pembeli akan mendapatkan instalasi gratis dan jaminan bahwa server tersebut terpasang benar di dalam jaringannya dan bekerja sempurna apabila pembeli membeli produk itu sebelum tanggal tertentu.

No comments:

Post a Comment